BERITA

Suplai Energi Gas Pertamina Dorong Kemajuan Industri Jawa Tengah

  • Selasa, 16 Juni 2015

Semarang – Dunia industri di Jawa tengah diprediksi akan lebih bergairah karena tak lama lagi akan memiliki tambahan alternatif sumber energi, berupa gas pipa. Hal ini seiring dengan pembangunan jaringan pipa gas Gresik-Semarang oleh PT Pertamina Gas, adapun tujuan pembangunan pipa tersebut adalah untuk memenuhi kebutuhan energi industri di Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Selasa (16/06) bertempat di Hotel Gumaya, Semarang, PT Pertagas Niaga, perusahaan terafiliasi dengan PT Pertamina (persero) yang bergerak dalam bidang niaga gas bersama Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa tengah melakukan business gathering guna mensosialisasikan rencana pasokan gas untuk industri dan progress pembangunan pipa Gresik-Semarang. Selain dihadiri oleh para pelaku industri, acara ini juga dihadiri oleh perwakilan pemerintah Kabupaten / Kota sebagai bentuk dukungan.

Dalam acara ini, PT Pertagas Niaga memaparkan kesiapannya untuk bisa menyuplai gas baik untuk kepentingan industri, bahan bakar transportasi maupun jaringan gas kota. Selain melalui jaringan gas pipa, PT Pertagas Niaga juga akan mengupayakan pasokan kebutuhan gas melalui Compressed Natural Gas (CNG). Hal tersebut diharapkan dapat memacu optimisme dunia industri di Jawa Tengah dan sekitarnya sehingga bisa terus tumbuh dan berkembang dengan adanya jaminan pasokan gas yang keberlanjutan.

“Pipa Transmisi Gas Gresik-Semarang sepanjang 267 km dan berkapasitas 300 MMSCFD ditargetkan akan selesai pada 2016. Pipa tersebut digunakan untuk menyalurkan gas yang berasal KKKS Pertamina EP Cepu dan lapangan–lapangan gas yang berada pada jalur pipa tersebut. Selain untuk keperluan PLN dan bahan baku industri, gas tersebut juga ditujukan untuk mencukupi kebutuhan industri di Jawa tengah.

Melihat potensi yang besar di Jawa tengah, Pertamina sangat yakin bahwa demand gas di daerah ini cukup tinggi dan akan terus tumbuh dari waktu ke waktu. Kami berharap Pertamina dan perusahaan afiliasinya bisa menjembatani kebutuhan konsumen dengan adanya infrastruktur jaringan gas yang memadai serta harga yang kompetitif di Jawa tengah.

Pada bulan Maret dan Mei 2015, Pertagas Niaga telah melakukan kunjungan ke beberapa pemerintah Kabupaten / Kota di Jawa tengah, kunjungan tersebut memperoleh sambutan yang baik dan hangat serta dukungan kepada Pertamina untuk bisa segera memasok gas untuk keperluan industry dan juga jaringan gas kota. Hal ini sebagai suatu langkah Pertamina dalam mensukseskan program pemerintah terkait dengan diversifikasi energi, pengurangan subsidi, penyediaan energi bersih, efisien dan ramah lingkungan.