BERITA

Gas Pertamina Untuk PGN Telah Mengalir di Sumatera Utara

  • Jumat, 7 Agustus 2015

 

IlustrasiIlustrasi

Medan - Krisis energi di Sumatera Utara diharapkan bisa segera teratasi seiring dengan telah mengalirnya pasokan gas dari PT Pertamina yang pendistribusiannya kepada konsumen industri bekerja sama dengan Perusahaan Gas Negara (PGN). Setelah pada tanggal 30 Juni 2015 lalu bertempat di kantor Kementerian ESDM, PGN dan Pertagas Niaga, perusahaan terafiliasi Pertamina dalam bidang niaga gas telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) untuk wilayah Sumatera Utara, maka Sabtu (01/08) pengaliran gas dilaksanakan di kawasan kerja PLN Belawan.

Pengaliran gas Pertamina kepada PGN adalah sebagai bentuk sinergi dan wujud konkret dua BUMN ini untuk memberikan kepastian jaminan pasokan gas untuk kalangan industri dan kelistrikan di Sumatera Utara. Mulai Agustus 2015, Pertamina akan menyuplai PGN gas sebesar 8 MMSCFD dalam kurun waktu lima tahun. Dengan gas ini PGN akan memenuhi kebutuhan konsumennya di wilayah Kawasan Industri Medan (KIM) I dan KIM II, Belawan, Labuhan Deli, Kota Medan, Binjai, Tanjung Morawa, Hamparan Perak, dan Wampu. Selanjutnya, Pertamina melalui Pertagas Niaga akan menyuplai gas untuk wilayah operasional KIM 3 s.d 6, Bandara Kuala Namu, Kuala Tanjung, Sei Mangke, Lubuk Pakam dan Perbaungan. “Pengaliran gas dari PT Pertagas Niaga kepada PGN ini adalah salah satu cara untuk bisa segera memenuhi kebutuhan energi di Sumatera Utara. Harapannya penyerapannya akan terus meningkat dari waktu ke sehingga industri di provinsi ini memiliki pertumbuhan ekonomi positif," kata Jugi Prajogio.

Sinergi antara Pertamina dan PGN nantinya tak hanya berhenti pada adanya PJBG diantara keduanya. Selanjutnya Pertamina dan PGN sepakat untuk akan melakukan koordinasi dalam kegiatan operasional suplai gas di Sumatera Utara. “Antara Pertagas Niaga dan PGN telah membuat sebuah kesepakatan guna kelancaran kegiatan operasional dua perusahaan ini selanjutnya. Yang jadi prioritas bagi kami adalah bagaimana membangun Sumut bangkit dari krisis energi," tambah Jugi.

Gas untuk wilayah Sumatera Utara dari PT Pertamina berasal dari pasokan LNG regasifikasi Arun yang mengalir melalui pipa Arun-Belawan milik PT Pertamina Gas (Pertagas) sepanjang 350 Km. Selain untuk memenuhi kebutuhan gas industri, pemanfaatan pipa ini juga digunakan oleh PLN untuk mensuplai kebutuhan gas bagi listrik di Belawan, Sumatera Utara.