BERITA

Pertamina Alirkan Gas Untuk Rumah Tangga di Kabupaten Bekasi

  • Kamis, 17 Desember 2015

Pertamina Alirkan Gas Untuk Rumah Tangga di Kabupaten Bekasi

Kabupaten Bekasi – 4.000 rumah tangga di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat secara bertahap mulai menikmati fasilitas jaringan gas kota yang dikelola oleh Pertamina melalui afiliasinya PT Pertagas Niaga. Mulai akhir Desemberi jaringan pipa gas kota yang dibangun oleh Ditjen Migas, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dengan APBN tahun 2014 ini akhirnya mulai dialiri gas (gas in) dari sumur Pertamina EP di wilayah Jawa Barat dengan alokasi gas 0.2 MMSCFD. Untuk tahap awal, jaringan gas kota ini akan mengalir ke sekitar 900 rumah di wilayah desa Jaya Mukti, Cikarang Pusat dan kelurahan Serta Jaya, Cikarang Timur yang telah terpasang jaringan dan metering alat ukur penggunaan gas. Selanjutnya pengaliran gas ke rumah-rumah warga akan dilakukan secara bertahap hingga total 4.000 sambungan rumah tangga.

“Ini salah satu pencapaian di akhir tahun 2015 yang menggembirakan. Jumlah warga yang mendapatkan fasilitas jargas kota yang dikelola Pertamina terus bertambah. Warga pun memberikan sambutan yang luar biasa karena mereka sudah lama menanti untuk bisa menggunakan gas kota. Jika ditotal maka warga yang mendapatkan pelayanan gas kota Pertamina hingga 2015 ini sekitar 12.800 Sambungan Rumah Tangga (SR),” kata President Director PT Pertagas Niaga, Jugi Prajogio. Jugi menargetkan pada triwulan awal tahun depan seluruh sambungan jargas Bekasi bisa semua teraliri. “Jaringan gas kota di Kabupaten Bekasi ini saya yakin akan berkembang terus karena di sini banyak potensi pelanggan kecil yang bisa memanfaatkan jaringan gas kota untuk bisnisnya,” tambah Jugi.

Pertamina saat ini tengah mengajukan usulan harga jargas Kabupaten Bekasi kepada BPH Migas. Diperkirakan pada awal tahun 2016 BPH Migas sudah mengeluarkan besaran harga gas kota untuk wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Pada target awal tahun 2016, Pertamina juga akan segera mengalirkan gas kota untuk Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur dan Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. Program gas kota umumnya diperuntukkan bagi masyarakat yang wilayahnya terdapat sumber gas dan telah memiliki infrastruktur jaringan pipa gas. Ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan diversifikasi energi dan mengurangi ketergantungan pada BBM.