BERITA

MRU Beroperasi, Isi BBG Tak Sulit Lagi

  • Jumat, 18 Desember 2015

Jakarta – Upaya mendorong penggunaan Bahan Bakar Gas (BBG) untuk kebutuhan transportasi dilakukan oleh Pertamina (Persero) dengan dioperasikannya Mobile Refueling Unit (MRU) Pertamina di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (28/09). Peresmian dilakukan oleh Menteri ESDM, Sudirman Said, Direktur Utama Pertamina, Dwi Sucipto dan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama. Peresmian beroperasinya salah satu dari tujuh MRU penugasan dari Ditjen Migas, Kementerian ESDM ini dilakukan oleh Menteri ESDM, Sudirman Said bersama dengan Direktur Utama Pertamina, Dwi Sucipto.

Keberadaan MRU Pertamina di Lapangan Banteng ini memudahkan para pengguna kendaraan BBG untuk mengisi bahan bakarnya dengan CNG (Compressed Natural Gas) EnvoGas. Dengan harga Rp 3.100/lsp (liter setara premium), para pengguna kendaraan BBG mendapatkan bahan bakar yang bersih dan ramah lingkungan. “Pengoperasian peresmian MRU ini adalah bukti komitmen Pemerintah dan Pertamina untuk mendorong penggunaan BBG untuk kebutuhan transportasi. Semakin bertambah jumlahnya, mobil operasional Pertamina beberapa diantaranya kini juga telah beralih menggunakan EnvoGas. Harapannya nanti yang akan menggunakan EnvoGas ini tidak hanya bajaj namun makin banyak lagi kendaraan pribadi yang menggunakan BBG,” kata Dwi Sucipto. Dalam waktu dekat akan ada 6 (enam) MRU penugasan dari Ditjen Migas dari APBN 2014 lainnya yang akan segera beroperasi di berbagai wilayah Jakarta dan sekitarnya serta dikelola oleh Pertamina melalui perusahaan afiliasinya, PT Pertagas Niaga. Rencananya, MRU tersebut akan ditempatkan diantaranya di Jalan Industri-Kemayoran, Bandara Soekarno Hatta, Pulog Gebang, Rest Area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek, Mampang Prapatan dan Jatiasih, Bekasi. Secara rutin, MRU Pertamina ini akan melakukan pengisian gas dari SPBG Lebak Bulus, Jakarta Selatan. 

MRU adalah suatu unit pengisian bahan bakar gas berupa CNG yang dapat berpindah tempat dari satu lokasi ke lokasi lainnya (mobile). Penempatan MRU diprioritaskan pada lokasi yang tidak terjangkau oleh pipa gas. Setiap MRU memiliki ukuran 20 ft dengan kapasitas storage sekitar 1800 lLsp. Masing-masing MRU terdiri dari CNG storage, kompresor dan dispenser untuk pengisian CNG ke kendaraan konsumen. Rata-rata untuk mengisi EnvoGas ke dalam sebuah mobil dibutuhkan waktu sekitar empat menit.