BERITA

BNI-PT Pertagas Niaga Kerjasama Untuk Pembayaran Jaringan Gas Kota

  • Selasa, 19 April 2016

Jakarta – Makin bertambahnya wilayah operasi jaringan gas kota yang dikelola oleh PT Pertamina (Persero) yang pengelolaannya dipercayakan ke PT Pertagas Niaga (PTGN), diiringi oleh bertambahnya pula jumlah pelanggan jaringan gas kota. Seiring dengan perkembangan itu PT Pertagas Niaga memudahkan pelanggannya untuk membayar tagihan gas kota dengan memperbanyak loket pembayaran secara online dengan menggunakan Virtual Account BNI. Kabupaten Sidoarjo dan Sengkang menjadi wilayah yang saat ini telah menerapkan sistem pembayaran secara online ini. Selasa (19//04) President Director PT Pertagas Niaga, Jugi Prajogio dan Pimpinan Divisi Hubungan Kelembagaan (HLB) Shadiq Akasya  menandatangani Nota Kesepahaman Antara PT Pertagas Niaga dengan Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk tentang Penyediaan dan Penggunaan Layanan Jasa Perbankan di kantor PT Pertagas Niaga, Gedung Patrajasa, Jakarta.

Dengan sistem ini pelanggan jargas bisa mengetahui jumlah tagihannya secara langsung dengan menyebutkan nomor pelanggan atau nomor meter di masing-masing rumahnya. Selanjutnya uang yang dibayar pelanggan akan otomatis masuk pada rekening PTGN. Sistem ini adalah bentuk kerjasama layanan penerimaan pembayaran tagihan gas Pertagas Niaga antara PTGN dengan Bank BNI. “Dalam proyek jaringan gas kota, Pertagas Niaga berhubungan langsung dengan masyarakat. Untuk itu peningkatan pelayanan menjadi prioritas. Dengan PPOB (Payment Point Online Bank) ini makin banyak outlet pembayaran, maka makin mudah warga membayar,” terang Jugi. Pihak BNI juga menyambut baik kerjasama yang dirintis bersama anak perusahaan PT Pertamina Gas ini karena juga ikut meluaskan pelayanan BNI di masyarakat. “Sistem PPOB dan VA yang dikelola BNI ini adalah bentuk transaksi yang modern. Uang yang dibayarakan pelanggan langsung bisa terpantau saat itu juga dan langsung masuk ke rekening Pertagas Niaga,“ jelas Shadiq Akasya. Selain sidoarjo dan sengkang saat ini Pertagas Niaga mengoperasikan jaringan gas kota di kota Jambi, Prabumulih, Kabupaten Bulungan dan Bekasi jumlah penugasan untuk mengelola jaringan gas kota akan terus bertambah di wilayah lain dengan target pengguna jaringan gas kota Pertamina di tahun 2016 mencapai 90.000 Sambungan Rumah Tangga. Artinya transaksi PPOB dan virtual account yang berkerja sama dengan BNI ini berpotensi terus berkembang.

PTGN dan BNI juga berkerja sama dalam penyediaan Cash Card untuk keperluaan pembayaran oprasional perusahaan. Kartu ini adalah semacam kartu debit yang pembayarannya diambil langsung dari rekening PTGN dengan limit tertentu selama satu bulannya. “Ini sistemnya seperti kartu ATM yang dananya langsung diambil dari rekening perusahaan namun terkontrol dan dapat dimonitor penggunaannya. Jumlahnya kami tetapkan agar terkontrol dan dapat dimonitor penggunaannya. Sehingga kegiatan operasional perusahaan bisa langsung dibayar saat itu juga tanpa prosedur yang panjang,” tambah Jugi. Dengan dengan penggunaan Cash Card ini klaim transaksi atau reimbursement kegiatan oprasional perusahaan berkurang karena langsung dibiayai oleh uang kas perusahaan.