BERITA

3.849 Rumah di Balikpapan Siap Manfaatkan Gas Bumi

  • Jumat, 3 Februari 2017

Balikpapan - Sebanyak 3.849 Sambungan Rumah tangga (SR) jaringan gas bumi di Balikpapan, siap mengalirkan gas ke rumah-rumah warga. Pengaliran gas dimulai dari Kelurahan Karang Jati, Kecamatan Balikpapan, dan akan terus berlanjut hingga seluruh sambungan teraliri gas. Pembangunan dan pengoperasian jaringan gas bumi untuk rumah tangga (Jargas) kota Balikpapan ini merupakan penugasan Pemerintah kepada PT Pertamina (Persero) dengan APBN 2016 sebesar 49,7 Miliar, berdasarkan Kepmen ESDM No.4822K/12/MEM/2015.

Kamis (02/02), Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja bersama VP Natural Gas, Dit Gas PT Pertamina (Persero), Wiko Migantoro dan President Director PT Pertagas Niaga (PTGN), Linda Sunarti berkunjung langsung ke rumah warga penerima program jargas di Balikpapan. ”Warga kini tidak perlu kuatir lagi dengan adanya kelangkaan gas. Jargas hadir di rumah-rumah warga ini dengan suplai kontinyu, 24 jam ada gas,” terang Wiratmaja di sela kunjungannya. Jargas juga diharapkan bisa mengurangi impor dan subsidi LPG secara signifikan, sehingga tidak lagi memberatkan keuangan negara. “Tahun ini Pemerintah menganggarkan 1,14T untuk bisa membangun Jargas baru di beberapa kota/kabupaten dengan jumlah 53.000-59.000 SR”, tambah Wiratmaja. Gas untuk Jargas kota Balikpapan diperoleh dari sumur KKKS PT Chevron Indonesia Company dengan alokasi 0.5 MMSCFD. Selanjutnya PT Pertamina (Persero) menugaskan afiliasinya PT Pertagas Niaga (PTGN) untuk mengelola dan mengoperasikan jargas dengan bekerjasama melalui BUMD setempat.

President Director PTGN, Linda Sunarti menambahkan selain penugasan yang saat ini, melalui APBN 2017 Pertamina akan membangun Jargas di Kota Pekanbaru, Samarinda, Bontang, Kabupaten Muara Enim, Penukal Abab Lematang Ilir dan Kabupaten Mojokerto. Pertamina menargetkan tahun 2017 ini ada 130.000 SR yang akan beroperasi. Selain menggunakan APBN, PT Pertamina (Persero) juga menggembangkan Jargas non APBN di Kota Jambi dan Prabumulih. “Sebagai BUMN energi, Pertamina mendukung perluasan program Jargas agar masyarakat bisa mendapatkan energi dengan kualitas yang lebih baik,” tutup Linda.