BERITA

4000 Rumah di Subang Siap Dialiri Gas Kota

  • Rabu, 22 Maret 2017

Subang- Warga Subang, Jawa Barat kini menjadi bagian dari pengguna jaringan gas kota (jargas) di Indonesia. Rabu (22/03), gas kota mulai mengalir kerumah warga di Kelurahan Cidahu, Kecamatan Pagaden Barat. Pengaliran gas kota ini hingga 4000 Sambungan Rumahtangga (SR) ini nantinya dilakukan secara bertahap melalui proses konversi kompor milik warga. Sambungan Rumahtangga (SR) Pembangunan Jargas Subang merupakan program Ditjen Migas, Kementerian ESDM yang dibiayai menggunakan dana APBN yang penugasan pelaksanaan pengoperasiannya diserahkan kepada PT Pertamina (Persero). Pertamina kemudian menunjuk afiliasinya, PT Pertagas Niaga (PTGN) untuk mengoperasikan jargas di sejumlah kota/kabupaten. “Subang menjadi kabupaten kedua di Jawa barat yang dialiri oleh jargas Pertamina setelah Kabupaten Bekasi. Karena ini merupakan hal baru di Subang, kami meyakinkan bahwa jargas ini hadir untuk memudahkan masyarakat mengakses energi gas dan aman digunakan,” ungkap President Director PTGN, Linda Sunarti dalam keterangan pers tertulisnya.

Jargas Subang mendapatkan pasokan gas dari sumur PT Pertamina EP Asset 3, Field Subang dengan alokasi 0,2 MMSCFD. Gas ini akan mengalir kontinyu dan dapat diakses 24 jam oleh pengguna jargas. “Jargas ini menjadi sarana bagi warga Subang untuk bisa menikmati manfaat gas yang ada di wilayahnya” kata Field Manager Subang, Arman Mel Hukom.

Teralirinya jargas di Subang ini menambah jumlah SR jargas yang dikelola PT Pertamina (Persero) sebanyak 87.614 SR yang tersebar di 12 kota/kabupaten. Program jargas adalah upaya yang dilakukan oleh Ditjen Migas, Kementerian ESDM untuk menekan impor dan subsidi LPG. Program jargas menyasar masyarakat yang wilayahnya memiliki sumber gas dan telah terbangun infrastruktur pipa gas. Tahun 2017, PT Pertamina (Persero) kembali mendapatkan wilayah penugasan pembangunan dan pengoperasian jargas dari Kementerian ESDM. Targetnya hingga 2018, jargas bisa tersambung hingga ke 146.000 SR.