BERITA

Pertagas Niaga Segera Operasikan MRU

  • Rabu, 29 April 2015

JAKARTA, 29 April 2015 - PT Pertagas Niaga dalam waktu dekat akan segera mengoperasikan 7 (tujuh) Mobile Refueling Unit (MRU) pengisian Compressed Natural Gas (CNG), sebagai bentuk penugasan dari PT Pertamina untuk pelaksanaan program konversi BBM ke BBG bagi transportasi jalan. MRU yang menjual CNG dengan merek dagang envogas ini rencannya akan ditempatkan pada sejumlah lokasi strategis di Jabodetabek, di antaranya adalah di SPBU Yos Sudarso, SPBU Jalan Industri, SPBG Pulogadung, Wisma Mulia SKK MIgas, KM 57 Karawang, Lapangan Banteng, dan Bandara Soekarno Hatta.

Penempatan MRU di lokasi ini telah dikaji dengan matang oleh tim dari PT Pertamina dengan mempertimbangkan pangsa pasar yakni kendaraan-kendaraan yang telah pengguna bahan bakar gas di wilayah tersebut. Untuk konsumen di KM 57 Karawang, PT Pertagas Niaga telah menyiapkan kerjasama dengan Xtrans Travel, biro travel yang selama ini dikenal masyarakat melayani rute PP Jakarta-Bandung. “Pertimbangan paling utama pemilihan di lokasi-lokasi ini karena terintergrasi dengan jalur angkutan umum dan tidak terjangkau dengan infrastruktur gas,” jelas GM CNG and City Gas PT Pertagas Niaga, Arief Wardhono. Dengan harga jual CNG transportasi sebesar Rp 3.100/ LSP (Liter Setara Premium) Arief optimistis jumlah kendaraan pengguna gas di waktu mendatang akan bertambah seiring dengan makin terbukanya wawasan masyarakat terhadap keuntungan penggunaan gas sebagai pengganti BBM. “Harga gas jauh lebih murah daripada harga BBM, lebih aman dan lebih ramah lingkungan. Nah, jika sekarang tempat pengisian BBG bertambah dan tidak sulit lagi dijangkau maka tidak ada lagi alasan masyarakat untuk enggan beralih menggunakan BBG”, katanya. Untuk tahap awal PT Pertagas Niaga memembidik pasar 200 unit kendaraan operasional SKK Migas dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS).

Pendanaan ketujuh MRU sepenuhnya berasal dari APBN 2014 sebagai bentuk komitmen kuat pemerintah untuk percepatan program konversi BBM ke BBG. Adapun, masing-masing unit MRU memiliki ukuran 20 ft dengan kapasitas storage sekitar 1800 Lsp. Masing-masing MRU terdiri dari satu unit storage dan satu kompresor untuk pengisian CNG ke kendaraan konsumen. Setelah nantinya beroperasi melayani masyarakat maka MRU ini akan mendapatkan suplai gas dari Pertamina EP Saat ini tiga unit MRU telah berada di SPBG Cibubur dan empat di Mother Station Bitung.