BERITA

LNG Pertamina Pasok Kebutuhan RSUD Samarinda

  • Selasa, 23 Januari 2018

Samarinda – Upaya mendorong pemanfaatan Liquified Natural Gas (LNG) untuk sumber energi di wilayah Kalimantan Timur terus berlanjut. Pada Jumat (13/10) RSUD Abdul Wahab Sjahranie menjadi Rumah Sakit pertama di Indonesia yang menggunakan LNG untuk keperluan bahan bakar boilernya. Selanjutnya hasil dari pemanasan boiler ini digunakan untuk menyediakan air hangat bagi pasien, laundry, sterilisasi alat-alat serta pembakaran limbah medis rumah sakit.

                LNG diperoleh dari PT Pertagas Niaga yang mendapatkan suplai pasokan LNG dari Chevron IDD Bangka. Selanjutnya LNG dikirim dari Filling Station Plant 26 Pertagas yang berada di kawasan PT Badak NGL, Bontang dengan menggunakan truk ISO tank. Guna memenuhi kebutuhan LNG RS sebesar 77 MMBTUD, satu ISO tank LNG dengan kapasitas 0,4 MMSCF akan mampu mensuplai hingga 4-5 hari. Dua ISO tank secara bergiliran akan mengantar LNG dari Bontang menuju Samarinda. Jumlah kebutuhan LNG ini diprediksi naik seiring dengan rencana pemanfaatan LNG untuk pembangkit listrik RS.

                Niaga LNG melalui ISO tank ini adalah kelanjutan niaga LNG melalui ISO tank yang dirintis Pertamina pada tahun 2014. Sebelumnya PTGN mensuplai LNG untuk pusat perbelanjaan/perhotelan di Balikpapan, bahan bakar kendaraan tambang, serta PEP Tanjung untuk bahan bakar penggerak turbin listrik. LNG ISO tank kini juga telah merambah kawasan Indonesia Timur dengan mensuplai ke pusat perbelanjaan di Ambon melalui pengiriman LNG via kapal laut dari Bontang.  “Masih banyaknya kawasan yang belum tersambung dengan jaringan pipa gas menjadikan prospek niaga LNG ISO tank ini masih terbuka lebar. Mutu, ketersediaan suplai dan harga yang kompetitif menjadikan konsumen yang membutuhkan solusi energi yang cepat memilih LNG,” jelas President Director Pertagas Niaga, Linda Sunarti dalam keterangan persnya. Linda juga menambahkan bahwa saat ini ekspansi penjualan LNG melalui ISO tank juga dilakukan di Sumatera, dan Pulau Jawa. Rencananya pada April 2018, PTGN akan mensuplai LNG untuk PLN PLTG Sembera. Ini akan menjadi PLTG pertama di Indonesia yang menggunakan LNG untuk pembangkitnya.