BERITA

Jonan Resmikan Jaringan Gas Kota Pertamina di Kab Mojokerto

  • Jumat, 9 Februari 2018

Mojokerto - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meresmikan 10.101 Sambungan Rumah (SR) jaringan distribusi gas bumi (Jargas) rumah tangga wilayah Kota Mojokerto dan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jumat (9/2). Pendanaan proyek senilai Rp 86 miliar ini berasal dari Anggaran Belanja dan Pendapatan Negara (APBN) 2017.

Pembangunan infrastruktur jargas di Kabupaten Mojokerto ditugaskan kepada PT Pertamina (Persero) sebanyak 5.101 SR, sedangkan untuk Kota Mojokerto ditugaskan kepada PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk dengan jumlah 5.000 SR.

Peresmian jargas dipusatkan Kantor Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto dengan dihadiri oleh Direktur Gas Pertamina Yenni Andayani, Direktur Utama PGN Jobi Triananda Hasjim, Wali Kota Mojokerto Masud Yunus, dan Wakil Bupati Kabupaten Mojokerto Pungkasiadi.

Jonan menjelaskan pemanfaatan gas alam untuk rumah tangga diharapkan bisa mengurangi impor LPG sebanyak 25.500 ton/tahun sehingga menghasilkan penghematan 178 M/ tahun. Saat ini pemerintah telah membangun 235.925 SR di 31 kabupaten/kota yang sebagian dikelola oleh PT Pertamina (Persero). Dalam kesempatan ini Jonan juga meyakinkan masyarakat pengguna jaringan gas kota bahwa jargas akan memberikan akses energi yang mudah, praktis dan aman sehingga tidak perlu khawatir. "Sampai ke rumah-rumah tekanan gas berkurang jadi 0,02 bar dan ini aman," ujarnya.

Jargas Kabupaten Mojokerto dibangun oleh PT Pertamina Gas melalui kontraktor PT Badak Arun Solusi sepanjang tahun 2017. Kabupaten Mojokerto merupakan wilayah kedua PT Pertamina (Persero) mengelola jaringan gas kota di Jawa Timur setelah Kabupaten Sidoarjo melalui afiliasinya, PT Pertagas Niaga. Gas diperoleh dari Kangean Energy Indonesia dengan volume sebesar 0,02 MMSCFD. “Jargas ini adalah salah satu bentuk kontribusi Pertamina untuk melayani kebutuhan masyarakat secara langsung. Maka selanjutnya yang perlu kita prioritaskan adalah peningkatan pelayanan ke depannya sehingga masyarakat bisa puas,” jelas Yenni, di sela kunjungannya ke lokasi jargas Kabupaten Mojokerto.

Program jaringan gas kota merupakan program yang dilaksanakan sesuai arahan Presiden Joko Widodo untuk pemerataan, memprioritaskan sumber daya yang ada untuk kemakmuran rakyat sesuai semangat ketahanan energi. Pada tahun 2018, Kementerian ESDM kembali akan menugaskan PT Pertamina (Persero) untuk membangun dan mengembangkan jaringan gas kota di beberapa wilayah yakni Musi Rawas, Penajam Paser Utara, Lhokseumawe, Palembang, Prabumulih, Sidoarjo, Balikpapan, dan Bontang.