BERITA

Pertagas Niaga Adakan Sosialisasi Good Corporate Governance

  • Kamis, 3 Mei 2018

JakartaGood Corporate Governance (GCG) merupakan prinsip vital dalam suatu perusahaan guna menjamin terwujudnya kinerja perusahaan yang baik dan bersih. Untuk itu PT. Pertagas Niaga (PTGN) ikut serta dalam mewujudkan GCG ini dengan mengadakan sosialisai GCG untuk para pekerja Pertagas Niaga (Kamis, 03/05). Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemahaman dan penerapanan GCG dalam tugas keseharian utamanya yang berhubungan dengan mitra kerja. Pertagas Niaga bekerjasama dengan Fungsi Compliance PT. Pertamina (Persero) untuk menjadi pemateri dalam sosialisasi ini.  “Harapan saya GCG ini bukan hanya formalitas untuk diikuti melainkan yang penting adalah penerapannya sehari-hari’, tegas President Director PTGN, Linda Sunarti dalam sambutannya.

                Panduan mengenai penerapan GCG ini dimulai dari suap, gratifikasi, fraud, Conflict of Interest, Code of Conduct, dan Whistle Blowing System (WBS). Perwakilan Fungsi Compliace Pertamina sebagai narasumber, Edi Jarianto menerangkan bahwa implementasi GCG ini penting dilakukan oleh semua insan Pertamina dan mitra Pertamina. Salah satu isu yang sedang marak saat ini adalah gratifikasi, dimana banyak terjadi kasus gratifikasi di dalam beberapa BUMN Indonesia. Pertamina terus mendorong pekerja untuk mengurangi tindakan gratifikasi dengan cara pelaporan tindak gratifikasi tiap bulan. Pertamina juga meminimalisasi terjadi Conflict of Interest dengan membuat beberapa peraturan yang wajib ditaati oleh seluruh insan Pertamina.

                Diskusi mengenai penerapan GCG di lingkungan PTGN berlangsung dinamis di mana banyak para pekerja yang mengajukan pertanyaan terkait batasan-batasan kegiatan apa saja yang boleh dan tidak dilakukan sesuai aturan GCG. Hal ini mengingat PTGN sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang niaga gas sering berhubungan dengan mitra kerja maupun pemangku kepentingan yang lain. Diharapkan seusai mengikuti kegiatan Sosialiasi ini pemahaman akan pelaksanaan kepatuhan GCG para pekerja akan makin meningkat dan diterapkan ada kegiatan sehari-hari.